Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak

Ngeblog memang sudah tidak asing lagi untuk sebagian orang, bahkan untuk Saya walaupun belum banyak ilmu yang Saya kaji dalam ngeblog sendiri. Dan kali ini saya akan berbagi mengenai Pengantar Rekayasa Perangkat Lunak yang saya ambil dari berbagai referensi.
         Suatu perangkat lunak menjadi kebutuhan manusia dengan berbagai bagian disiplin ilmu yang dibidangi setiap tenaga profesional, menjadi bagian penting yang melatarbelakangi tumbuhnya perkembangan perangkat lunak dengan berbagai krisis perangkat lunak menurut berbagai sisi pandang konsumen, manajer, dan pengembang/praktisi.
Rekayasa perangkat lunak telah berkembang sejak pertama kali diciptakan pada tahun 1940-an hingga kini. Fokus utama pengembangannya adalah untuk mengembangkan praktek dan teknologi untuk meningkatkan produktivitas para praktisi pengembang perangkat lunak dan kualitas aplikasi yang dapat digunakan oleh pemakai.
Sedikit kita singgung dahulu, apa sih pengertian dari RPL itu sendiri ? 

Pengertian Rekayasa Perangkat Lunak atau disingkat dengan RPL adalah suatu disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal yaitu analisa kebutuhan pengguna, menentukan spesifikasi dari kebutuhan pengguna, disain, pengkodean, pengujian sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan. Dari pengertian ini jelaslah bahwa RPL tidak hanya berhubungan dengan cara pembuatan program komputer. Pernyataan ”semua aspek produksi” pada pengertian di atas, mempunyai arti semnua hal yang berhubungan dengan proses produksi seperti manajemen proyek, penentuan personil, anggaran biaya, metode, jadwal, kualitas sampai dengan pelatihan pengguna merupakan bagian dari RPL.
Tujuan RPL :
  • Menghasilkan perangkat lunak yang berkualitas
  • Menghasilkan perangkat lunak yang efisien
  • Menghasilkan perangkat lunak yang tepat waktu
Kriteria RPL :
  • Dapat terus dirawat dan dipelihara (maintanibility)
  • Dapat mengikuti perkembangan tekhnologi (dependability)
  • Dapat mengikuti keinginan pengguna (robust)
  • Efektif dan efisien dalam menggunakan energi dan penggunaannya
  • Dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan (usability)
Kategori Perangkat Lunak :
  • Perangkat Lunak Sistem, Sekumpulan program yang ditulis untuk melayani program-program yang lain. Seperti kompiler, editor, dan utilitas pengatur file.
  • Perangkat Lunak Real-Time, Program-program yang memonitor/menganalisis/mengontrol kejadian dunia nyata pada saat terjadinya (real-time event).
  • Perangkat Lunak Bisnis, Memproses informasi bisnis seperti payroll, investor, dan lain-lain.
  • Perangkat Lunak Teknik dan Ilmu Pengetahuan, ditandai dengan penggunaan algortima number crunching.
  • Embedded Software, Produk yang ada dalam read-only memory dan dipakai untuk mengontrol hasil dan sistem untuk keperluan konsumen dan pasar industri.
  • Perangkat Lunak Komputer Personal, Sesuai kebutuhan personal seperti pengolah kata, angka, dan manajemen database.
  • Perangkat Lunak Kecerdasaran Buatan, Menggunakan algoritma non-numeris untuk memecahkan masalah kompleks yang tidak sesuai untuk perhitungan atau analisis secara langsung.














Postingan populer dari blog ini

Model Proses Pengembangan Perangkat Lunak

Generic Process Framework

Mengenal Framework