Generic Process Framework
GENERIC PROCESS FRAMEWORK
- Communication
- Planning
- Modeling
- Contruction
- Deployment
1. Communication
Melibatkan komunikasi dan kolaborasi yang berat dengan customer (dan stkeholders lain) dan mencakup pengumpulan kebutuhan dan aktivitas yang terkait.Project Initation
- Menetapkan kebutuhan elemen seluruh sistem -> menghimpun kebutuhan sistem secara global dengan disertai analisis dan rancangan secara umum.
- Software selalu merupakan bagian dari sistem yang besar.
- Software berinteraksi dengan perangkat keras, manusi, dan basis data.
Requirement
- Tahap ini melakukan analisis kebutuhan untuk perangkat lunak yang akan dibuat, hasilnya adalah spesifikasi perangkat lunak.
- Agar menghasilkan spesifikasi yang benar, maka seorang analisi (software engineering) harus memahami secara rinci fungsi, kinerja, dan antar muka yang diperlukan.
- Spesifikasi ini dibahas antara analis dan pemakai.
2. Planning
Menetapkan rencana kerja perangkat lunak. Menjabarkan tugas teknis yang akan dilakukan, resiko, sumber daya yang diperlukan, hasil kerja, dan jadwal kerja.3. Modeling
Membuat model sehingga antara pengembangan dan customer memperoleh pemahaman yang lebih baik pada kebutuhan software dan desai yang memenuhi kebutuhan tersebut.Software Requirement Analysis
- Melakukan analisis kebutuhan untuk perangkat lunak yang akan dibuat.
- Agar menghasilkan spesifikasi yang benar, maka seorang analis (software engineering) harus memahami secara rinci fungsi, kinerja, dan antar muka yang diperlukan.
- Spesifikasi ini dibahas antara analisi dan pemakai.
Desain
- Difokuskan pada tiga bagian utama software, yaitu : Struktur Data, Arsitektur Software, dan Lojik Program.
- Proses perancangan dilakukan berdasarkan pada spesifikasi tahapan sebelumnya.
- BAGAIMANA mengimplementasikan fungsi arsitektur software
- BAGAIMANA detail prosedur diimplementasikan
- BAGAIMANA desain diterjemahkan ke bahasa pemograman
- BAGAIMANA testing dilaksanakan
Construction
Aktivitas ini mengkombinasikan :1. Pengkodean program (manual atau otomatis), dan
2. Pengujian yang diperlukan untuk menemukan kesalahan-kesalahan di dalam program.
3. Code : proses menterjemahkan rancangan perangkat lunak menjadi program komputer.
4. Test : pengujian lojik program, untuk :
- meyakinkan bahwa seluruh statement sudah benar, dan
- meyakinkan bahwa masukan tertentu akan menghasilkan keluaran tertentu.